16.2.11

SPEK KOMPUTER UNTUK RECORDING

Komputer recording hampir sama dengan spek pada komputer game dimana memerlukan graphic card atau VGA yang bagus, ram tinggi, processor tinggi, kecepatan hardisk, sistem pendingin yang low noise atau tidak berisik, monitor dengan resolusi tingg/LCD.
  
Spek komputer recording ekonomis yang saya gunakan  dengan sistem dari windows atau PCbiasa.  Motherboard: Asus P5KPL-AM SE
CPU: Intel Core 2 Quad 2.8GHz/1333MHz
RAM: 2GB DDR (minimal)
Hard Drive: Seagate 160GB(untuk sistem C) & 250GB(untuk data) SATA
Optical Drive: LG DVD Rw
 VGA: internal
Kalau anda pikir duit bukan masalah, beli aja komputer yang mumpuni  untuk recording! Yo mari... Jangan berkecil hati dulu, sebetulnya utuk sekedar merekam secara digital sudah bisa dilakukan dg komputer spek minimalis sekalipun asal udah vista atau XP.
Hal yang harus diperhatikan:
Hard Drive atau Hard disk; gunakan hard disk dengan speed minimal 7200rpm,  waktu recording disk berputar terus dan ini memerlukan kecepatan tinggi untuk akurasi penerimaan dan penulisan input. Meminimalis delay atau waktu tunda. Misal waktu jreng gitar seketika sudah diterima oleh software recording.
Mouse; Koneksi mouse lebih baik menggunakan port PS bukan dari port USB karena akan mempengaruhi kinerja software terutama masalah dengan delay atau dalam recording dikenal dengan Latency.
Monitor; Pilihlah monitor dengan resolusi tinggi/LCD
Sistem Pendingin; Usahakan fan/kipas pendingin komputer yang low noise karena akan mengganggu konsentrasi kerja anda pada saat mixing dan mastering.
Batterai Back Up/UPS; Utk menjaga arus listri jika tiba2 listrik  padam yang akan memicu kerusakan pada sistem dan juga hardware.
Speaker; Dalam recording memerlukan  speaker Flat yang  harganya  cukup mahal,  biasanya ini adalah speaker aktif. Merek mulai Samson sampai ke JBL. Saya sendiri sementara memakai speaker multimedia biasa.
Headphone; Penggunaan headphone akan membuat kita lebih fokus pada saat mxing dan mastering.

No comments: