31.10.11

ngintip GITAR HEAVY METAL yu

Gitar heavy metal berbeda dengan gitar yang digunakan untuk memainkan musik lain misalnya blues. Berdasarkan suara yang dihasilkan secara keseluruhan maka suatu gitar heavy metal dipengaruhi oleh berbagai faktor dari karakter gitar itu sendiri berdasarkan konstruksi dan komponen yang digunakan, jenis amplifier yang digunakan, setting soundeffect, booster, dan lain sebagainya.
Berikut ini saya akan menjelaskan secara garis besar mengenai apa saja yang dapat mempengaruhi suara suatu gitar heavy metal.

SENAR. Pertama adalah senar. Penggunaan ukuran senar (gauge) yang tebal turut mempengaruhi ketebalan suara yang dihasilkan. Penggunaan ukuran senar terutama pada senar satu dan dua akan menghasilkan suara yang lebih rendah atau lebih nge-bass sehingga mempertebal suara yang dihasilkan gitar, karena gitar heavy metal identik dengan suara yang fat. Pada beberapa gitar elektrik, senarnya dapat disetel lebih rendah dari biasanya. Seperti yang kita ketahui bahwa pada umunya senar nomer satu adalah nada E, tetapi dengan setelan khusus maka dapat diturunkan menjadi D atau dikenal dengan Drop D.

BODI. Konstruksi gitar turut memberi kontribusi terhadap karakter suara yang dihasilkan oleh gitar. Salah satunya penggunaan kayu jenis mahogany (di Indonesia disebut Mahoni) pada bodi gitar akan menghasilkan suara gitar yang mid (midle). Jika neck (batang) gitar menggunakan kayu maple maka akan menghasilkan kombinasi suara antara mid dari bodi dan treble dari neck. Sedangkan penggunaan bodi dan neck menggunakan mahoni maka akan menghasilkan suara yang mid dan dark.

PICKUP. Pickup yang digunakan untuk gitar untuk memainkan musik heavy metal berbeda dengan pickup yang digunakan untuk memainkan musik blues. Gitar heavy metal adalah gitar yang identik dengan suara yang kotor (distorsi), gain yang besar, suara yang tebal (fat) tetapi harus tetap menghasilkan suara yang tajam (shape) untuk memainkan melodi karena itu diperlukan pickup khusus. Beberapa merk pickup gitar yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah Seymour Duncan, Dimarzio dan EMG

BOOSTER. Booster adalah suatu rangkaian elektronika yang dapat mem-boost (meningkatkan) suara secara signifikan. Jenis soundeffect yang biasa digunakan sebagai boost adalah jenis overdrive. Soundeffect overdrive sendiri sebenarnya digunakan untuk membentuk karakter suara gitar blues, tetapi disini fungsinya hanya sebagai booster karena akan dirangkai (chain) lagi dengan soundeffect lainnya untuk menghasilkan suara heavy metal.

SOUNDEFFECT. Salah satu jenis soundeffect stompbox yang digunakan untuk menghasilkan suara gitar heavy metal adalah Metal Zone yang diproduksi oleh merk yang sudah melegenda yaitu Boss. Berdasarkan cara pengolahan sinyal, soundeffect ada dua jenis yaitu analog dan digital. Soundeffect stompbox masuk dalam jenis analog, meskipun belakangan ini ada pula souneffect digital yang berukuran stompbox. Secara sederhana pengertian analog adalah apa yang masuk maka itu yang keluar, sedangkan digital yaitu sinyal yang masuk diolah menjadi kode-kode terlebih dahulu. Kekurangan soundeffect analog adalah anggapan bahwa sinyal yang dihasilkan kurang stabil tetapi dianggap lebih bandel dibanding soundeffect digital. Tetapi jenis digital lebih menghemat tempat.

Pada perkembangannya, gitar elektrik untuk memainkan musik heavy metal bukan hanya dibangun berdasarkan 'rasa' tetapi juga berkembang kepada penampilan. Dengan demikian ada beberapa gitar elektrik yang bentuknya mencerminkan musik yang dimainkan. Bentuk gitar heavy metal beberapa diantaranya mengusung bentuk yang yang didominasi oleh sudut-sudut runcing, warna yang dark atau bertemakan gothic. Bukan hanya bodi gitar tetapi juga head turut didesain agar serasi dengan bodi gitar. Beberapa merk gitar yang mendukung konsep tersebut adalah :

BCRich  : Warlock, Warbeast, Draco, Igniter, Zombie, Beast, Ironbird
Moser, tipe : Sirine, Morpheus NCS, Bastard, Blade Runner, Beastmaster,
Spawn, scythe, bastard V

EdRoman, tipe : Rockingbat, birdcore

ESP tipe : Shinigami

Dean, tipe : Razor

dan masih banyak lagi...
Picture

BC RICH BEAST


2 comments: