4.2.11

DARI KEPUASAN BATHIN MENJADI KEPUASAN LAHIR BATHIN

    Kita dapat meyakini  bahwa setiap orang sehat suatu saat mempunyai kegemaran akan suatu kegiatan positif yang dilakukan berulang atau periodik  yang tidak terikat aturan keharusan atasan, boss, lembaga   dll dan bukan didasari atas suatu tugas kewajiban, yang  menyebabkan seorang yang melakukan kegiatan berulang/periodik tersebut mendapat kepuasan bathin: itulah yang dinamakan hobi.
Artinya kegiatan yang berulang yang didasari atas tugas kewajiban bukan dinamakn hobi, karena walau kegiatan tersebut dilakukan berulang/periodik adalah merupakan sebuah keharusan yang wajib dijalankan dan jika  tidak melakukan kegatan kewajibannya orang tersebut mendapat sanksi. contoh: pegawai, karyawan, abri dll yang mempunyai keterikatan dengan atauran lembaga, instansi atau aturan perusahaan. Jadi untuk kegiatan berulang yang dilakukannya utnuk melaksanakan tugas kepegawaiannya  tidak dinamakan hobi. Untuk hobi sendiri contohnya mengumpulkan benda-benda tertentu (kolektor), musik, olahraga dll.
     Ok, kita sekarang bicara sedikit tentang hobi saja, hobi datangnya tidak terduga bisa terjadi entah itu karena pengaruh lingkungan atau karena potensi kemampuan yang dimiliki orang tersebut atau bahkan didapat dari sekolah formal maupun informal. ...Hmmm kita katakan YA!  hobi itu mahal! seorang kolektor harus mengeluarkan kocek dalam-dalam untuk mendapatkan barang yag diinginkannya, seorang pehobi sport harus menyisihkan uangnya untuk membeli alat olahraganya, pehobi musik harus siap untuk membeli alat musik yang digemarinya. Intinya hobi itu butuh modal.
     Berpikirlah mulai sekarang, jadikan mesin pencetak uang dari hobi yang kita tekuni. WOW..Keren..! Jangan salah! uang yang datang dari hobi mungkin bisa lebih tebal masuk di kantong kita dibanding dengan usaha utamanya. Kita sering mendengar cerita nyata (bukan sinetron) seorang pegawai instansi yang mempunyai hobi ternak, dari hasil ternaknya  profit yang didapat jauh lebih mendatangkan uang daripada gaji dari instansinya. 
     OOPS.. catatan di atas tidak bermaksud MENGGURUI cuma sekedar berbagi dan mencoba memotivasi diri, Semoga apa yang aku tekuni di musik ini dapat memberikan KEPUASAN LAHIR BATHIN. AMIEN
NEXT POSTING: HOME RECORDING

3 comments:

Joeragan Dasenk said...

iya betul mas, tp kayaknya itu juga tergantung dari milik dan rezekinya masing2, nu penting mah urang usaha,bagaimana caranya mah yang penting halal, daripada banyak uang dari hasil korupsi, tul nggak?

AYIP PRAYITNO (yiep pee) said...

tul Gan, nasib memainkan hidup atau hidup memainkan nasib, tinggal pilih siapa memainkan siapa

anja musik band indie said...

yupz bnr bngt,