12.9.11

BELAJAR TEMPO dan POWER CHORD

Tempo yaitu panjang atau lama nada yang terdengar dalam 1 Bar. Kali ini yang paling sederhana dan harus tahu dulu yaitu 4/4. Lihat ilustrasi berikut:

4/4 yang terlihat di paling kiri berarti dalam 1 bar panjang nada yang diperdengarkan adalah sebanyak 4 ketukan. Ini sangat penting dipahami karena setiap perpindahan chord harus mengikuti jatuh ketukan tersebut. 4/4 ini sangat umum dipakai pada genre pop, rock, blues jadi nggak usah dikhawatirkan yang lain dulu karena dengan pengetahuan ini kita dipersiapkan untuk bisa nulis lagu yang benar.
Dalam 1 bar 4/4 ini berarti ada tempo 4 ketukan. Coba hentakan kaki dengan tumit dibiarin tetap pada lantai. Setiap hentakan hitung satu-dua-tiga-empat. Coba di gitar ambil chord E pada setiap jatuh ketukan 1 dijreng. Dan jaga ketukan tetap konstan atau sama.

Power chord
Bagi pemula dalam belajar gitar biasanya menyukai memainkan power chord ini karena cukup dengan memainkan dua nada pada chord dan di jreng langsung kedengaran enak di kuping. Tentu bisa dipakai ngiringi lagu kesukaan. Ya.. paling nggak dalam tahap awal kita sudah memainkan sesuatu yang umum dan benar pada gitar.Dalam pelajaran grup chord sudah dijelaskan I-IV-V atau do, fa dan sol. Power chord adalah dua nada yaitu I dan V atau do dan sol. Atau kalau di E ini disebut E5. Cari yang lain dari grup chord dengan root A atau A-D-E.
Contoh: